Kuliner Nusantara: Nasi OYEK

**NASI OYEK**

Makanan tradisional Indonesia memang cukup beragam dan banyak sekali, dari mulai Sabang sampai ke Merauke. Karena setiap daerah mempunyai ciri masing-masing. Keanekaragaman makanan ini perlu kita banggakan dan juga lestarikan agar tidak punah oleh perkembangan jaman dan banyaknya makanan dari luar Negeri.

Salah satunya Nasi Oyek, Sobat. Bagi orang yang ada di Jawa baik itu orang Jawa dan Sunda mungkin sudah mengenal dan sering mendengar Nasi Oyek. Nasi Oyek sebenarnya bukan makanan Pokok, akan tetapi kadang di suatu saat, misal musim kemarau atau harga beras yang mahal, bisa menjadi menu utama, bagi mereka yang kurang mampu.

**Sepiring Nasi Oyek yang Nikmat Sekali**

Kebetulan pas saya pulang ke rumah 4 bulan yang lalu...lama juga yach? Ibu saya memasak Nasi Oyek pemberian tetangga. Rasanya enak sekali sob, apalagi ditambah parutan kelapa. Namun ditempat kelahiran saya juga, nasi oyek ini susah sekali ditemukan, dan hanya orang tua jaman dahulu yang suka membuat Nasi Oyek ini.

Nasi Oyek sendiri terbuat dari Singkong, namun untuk cara membuatnya saya juga kurang tahu sob.he...saya tahunya cuma makan saja. Mungkin kita sebagai generasi penerus dari orang tua kita perlu belajar bagaimana membuat Nasi Oyek ini, agar makanan ini tidak hilang ditelan jaman.

Bagaimana dengan sobat semua, ada yang sudah merasakan NASI OYEK??

26 komentar:

  1. kuliner nusantara memang beragam, saya aja baru tau ada yg namanya nasi oyek :D

    BalasHapus
  2. nasi oyek ? hmm kiraain tadi nasi ojek . hahahha

    BalasHapus
  3. hmm... kirain cuma nasi itu dari beras tp dr singkong juga to, br tau :).

    nasi oyek,, pasti enak.hehe ^_^

    BalasHapus
  4. @LadidaCafe: Kadang orang hanya menyebutnya Oyek saja, tapi ada juga yang nambahin Nasi didepannya. Mungkin karena kadang jadi alternatif pilihan dikala beras sedang mahal, sob...

    BalasHapus
  5. @Sichandra: Itumah ntar sob..klo nasinya minta dianterin ke Pasar sama Ojek.hihi.....untuk sementara masih Oyek namanya.

    BalasHapus
  6. @Irma Deean: Ya itu tergantung orang aja, ada yang bilang Oyek doank. Dijamin dech lumayan enak kalo menurut lidahku! Tapi kalo menurut orang aq g tahu.hehe

    BalasHapus
  7. apa.. Nasi Oyek sama seperti nasi aking?

    BalasHapus
  8. @Return to my blogg: beda jauh, klo nasi aking itu masih nasi,cuma yang tidak termakan lalu dikeringkan dan nanti dimasak lagi. Kalo nasi oyek terbuat dari bahan dasar Singkong, ada yang bilang Oyek ada yang nambahin Nasi didepannya. mungkin karena kadang Oyek ini jadi makanan pokok dikala g ada nasi atau beras mahal jadi disebut Nasi Oyek.

    BalasHapus
  9. errr... jadi laper, dan pengen nyobain rasa nasi oyek.. kirim kemari donk... :D

    BalasHapus
  10. @BE; Kalo masalah kirimin, saya g jamin e, masalahnya agak susah2 gampang buat nyarinya.he...Cukup dengan hidangan di gambar saja yach!

    BalasHapus
  11. baru tau ada yang namanya nasi oyek

    BalasHapus
  12. @Audry: Apalagi kalo merasakan yach...kenyal2 tapi enak loch! Sebenarnya ada juga yg cuma bilang Oyek, ada juga yang Nasi Oyek. Tapi apapun itu namanya, yang penting tu bagaimana kita melestarikannya.

    BalasHapus
  13. apakah ini yang disebut tiwul ya?!? :DD

    BalasHapus
  14. ooh.. nasi oyek itu dari singkong ya?
    koq namanya nasi?
    mungkin tampilannya mirip nasi kali yaaa.. *asal deh* ;)

    BalasHapus
  15. @omgitswina: dibilang mirip agak bener juga, tp yg pasti penyebutan itu kayanya lebih pada manfaat sbgai pengganti Nasi dikala susah didapatkan.

    BalasHapus
  16. wah kok aku g tahu ya nasi oyek.... jadi penasaran kayak apa rasanya

    BalasHapus
  17. @choirul: yang jelas kaya singkong sob.hehe.. bingung jelasinnya sich...

    BalasHapus
  18. kalo di tempatku lebih populer dengan nama tiwul bos(oyek sudah matang)

    BalasHapus
  19. @anak nelayan: iya sob...betul sekali.

    BalasHapus
  20. baru tau nih ada nasi oyek.. pengetahuan baru

    BalasHapus
  21. @yeremia: iya sob..ada yg bilang nasi oyek ada juga yg Oyek saja.

    BalasHapus
  22. dari tampilannya sih ga menggugah selera jeng, tapi ga tau kalo di coba mah hihi ayo ayo tolong dibawain.


    jeng blogii

    BalasHapus
  23. @noni: namanya juga Nasi Oyek, ya mirip nasi. klo pengen menggugah selera tgl ditambain sama rendang ayam atau ga pizza disampingnya.hihi

    BalasHapus
  24. Tambahan info baru, soale banyak yg tanya: Saya ngasih judul Nasi Oyek karena sudah dimasak loch. Klo msh mentah namanya Oyek. Ini sedikit prosesnya: Singkong dikupas, dijemur beberapa hari/minggu, kemudian jadilah yg namanya gaplek. stelah itu dihancurkan dengan ditumbuk, lalu disaring bagian yang halus dinamakan Oyek.

    BalasHapus
  25. nasi oyek , baru dengar nih, blm pernah ngerasakannya, mas... trus yg jadi pasangan lauknya apa, mas.... penasaran pengen nyoba

    BalasHapus
  26. perlu juga tuh di lestarikan makanan tradisional kita tu, mas.... sayang sekali kita yg kaya dgn eneka kuliner harus terlindas dgn makanan impor

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, mohon maaf kiranya apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan tak pantas. Ini hanyalah sebuah cerita yang ingin sedikit saya berikan kepada SAHABAT dari lubuk hati yang paling dalam. Sudi kiranya SAHABAT berkenan meninggalkan jejak di BLOG yang sederhana ini.
"Sahabat Adalah Keluarga Kecil Dalam Kehidupan Demi Terjalin Tali Silaturahmi"

About me

Foto Saya
Urang Kampung

Hidup itu harus selelu dinikmati dan di syukuri. Jangan pernah menyerah dan malu melakukan sesuatu hal yang dianggap orang lain jelek, karena belum tentu jelek buat kita. Setiap manusia telah mempunyai rizki sendiri. Nikmatilah hidup ini dan jangan lelah untuk mengejar mimpi dengan tetap semangat dan bersyukur serta terus berusaha semampu kita. Tersenyumlah sebelum senyum itu hilang dalam penyesalan. 
Lihat profil lengkapku

INSTAGRAM FEED

@soratemplates